Selasa, 02 Februari 2016

Memasang Mesin Pencari Khusus Google Pada Blog WordPress

Memasang Mesin Pencari Khusus Google Search box atau kotak mesin pencari pada website atau blog sangatlah penting untuk membantu pengunjung dalam mencari sesuatu di blog atau website seseorang. Berbagai gaya tampilan serta cara kerja pada kota pencarian di blog.
Namun penggunaan kotak pencari atau search box pada blog default kurang maksimal, dan pada akhirnya, perusahaan raksasa teknologi ‘google‘ mengeluarkan produk yang bernama Google Custome Search Engine.
Google Custom Search Engine adalah fasilitas mesin pencari google yang diberikan kepada para blogger atau kepada masyarakat dunia yang menggantikan  kotak pencari atau search box default pada website atau blognya.
Baca artikel menarik lainnya: Memanfaatkan Google Plus Untuk SEO
Pada Google Custom Search Engine hasil yang dimunculkan adalah konten situs atau blog yang sudah terindeks atau muncul di halaman google. manfaat dari memasang mesin pencari khusus google pada blog yaitu salah satunya untuk publisher adsense bisa dipasang scriptnya dan bisa menguntungkan untuk meningkatkan saldo adsensenya.

Bagaimana Memasang Mesin Pencari Khusus Google Pada Blog WordPress?

Memasang mesin pencari khusus google pada blog baik pada wordpress, blogger, joomla atau lainnya kode scriptnya sama namun yang membedaknnya yaitu cara memasukannya atau memberi ruang tata letak yang baiknya disebelah mana.
Perlu diketahui menambahkan widget pada wordpress dan menambahkan widget pada blogger itu berbeda, namun cara menambahkan widget pada wordpress dan blogger tidak rumit atau tidak susah, karena sudah nampak jelas.
Dan berikut merupakan cara cara memasang google custom search engine atau memasang mesin pencari khusus google pada blog.
  1. Masuk ke website google custom search engine atau bisa klik disini. Bilamana anda sudah masuk menggunakan akun google maka akan langsung melihat halaman google cse tapi belum masuk akun gmail silahkan login. apabila belum mempunyai akun google berikut cara membuat akun gmail dengan mudah terbaru dan cepat.
  2. Tekan tombol Create a custom search engine atau bahasa indonesianya Buat Mesin Pencari Khusus.Membuat dan memasang pencari khusus google pada blog wordpress
  3. Pilih atau tekan tulisan ‘new search engine’ atau ‘mesin pencari baru’ masukkan website atau blog yang akan dipasang google custom search engine, dan pilih bahasa tampilan pada google cse, disini saya menggunakan bahasa indonesia.Membuat dan memasang pencari khusus google pada blog wordpress
  4. Klik tombol ‘create’ atau ‘buat’.
  5. Selanjutnya masuk ke dalam look and feel pada menu edit. Disini kamu bisa mengedit tampilan mesin pencari sesuai tema yang kamu inginkan beserta tata letaknya. Saya sarankan untuk tema pilih ‘default’Membuat dan memasang pencari khusus google pada blog wordpress
  6. Selanjutnya untuk layout atau tata letak, anda bisa mencobanya satu persatu, saya sarankan pilih ‘compact’ karena tata letak ini sangat mendukung terhadap pengguna mobile atau pengunjung yang menggunakan handphone.Screenshot_4
  7. Bilamana sudah sesuai selera yang kamu inginkan maka kamu pilih tombol ‘save & get code’ atau ‘simpan dan dapatkan kode’
Baca artikel lain selengkapnya: Menggunakan Google Plus Itu Lebih Baik
Itulah cara membuat mesin pencari khusus google pada blog atau cara membuat google custom search engine pada blog. Selanjutnya kamu pasang kode yang diberikan oleh google cse ke widget blog wordpress kamu, saya sarankan pasang di sebelah kanan atau sidebar kanan paling atas.

Manfaat Memasang Mesin Pencari Khusus Google Pada Blog

Memasang Mesin Pencari Khusus Google Pada Blog WordPress
Sesuatu yang dilakukan tentunya mempunyai dampak positif atau manfaat. Dan salah satunya dengan memasang google custom search engine mempunyai manfaatnya yaitu sebagai berikut.
  • Bisa di monetize Adsense
  • Mempengaruhi Jumlah index situs atau blog di google
  • Meringakan load blog
  • dan masih banyak lagi
Demikian artikel mengenai cara membuat dan Memasang Mesin Pencari Khusus Google Pada Blog WordPress, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.